Senin, 08 Oktober 2012

Sejarah Singkat Pon-Pes Al Hidayah Basmol


PROFILE PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH BASMOL

A.    Sejarah Pendirian
Pondok Pesantren Al-Hidayah Basmol didirikan pada tahun 1983, diawali oleh keinginan para pelajar baik dari Ibtidaiyah  (SD), maupun dari tingkat Tsanawiyah (SLTP) banyak di antara mereka ingin memperdalam Ilmu-ilmu agama dengan kitab Salafiah ( kitab kuning ).
Maka untuk kesinambungan pendidikan tersebut dalam rangka mengisi pembangunan dalam bidang pendidikan mental spiritual, kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk ditampung dalam suatu Asrama guna melayani aspirasi mereka.
Karena kegiatan demi kegiatan pendidikan dari tahun ke tahun makin tumbuh dan berkembang dengan pesat dan ditambah dengan beberapa Mukimin yang telah selesai dengan studinya di luar negeri seperti Saudi Arabiah, Mesir, Libia dan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, maka kami adakan rapat/musyawarah dengan beberapa tokoh ulama untuk kiranya dapat menyediakan tempat untuk para anak didik seperti tertera pada di atas.
Diantara hasil musyawarah diputuskan untuk menyediakan asrama bagi siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah/ Madrasah dan hasil musyawarah ini dilaporkan kepada ketua yayasan Al hidayah yakni KH Mas’ud dan KH Muhtar juga kepada pengurus Yayasan.
Dengan seizin Allah SWT hasil musyawarah ini mendapat dukungan dari masyarakat sekitarnya, sehingga selang beberapa bulan berdirilah tempat penginapan untuk putra saja, yaitu pada tahun 1988 – 1989. Pada tahun berikutnya kami mulai membangun asrama putri yang sebelumnya bagi putri tinggal/ditampung di rumah penduduk.
Dengan wakaf tanah yang diberikan Alm KH Mas’ud kami lanjutkan pembangunan meskipun dengan bantuan uang sekedarnya, maka terdapatlah bangunan sederhana untuk santri putri. Tepat awal tahun ajaran 1989 – 1990 santri putri sudah dapat mengikuti  Ta’lim pendidikan di asrama.
Dalam kondisi yang sederhana sedikit demi sedikit Pesantren Al-Hidayah mulai mengadakan  berbagai sarana dan fasilitas pendidikan yang diperlukan oleh para santri. Diantaranya penambahan ruang kamar san tri secara permanen dua lantai.

B.     Visi, Misi dan Moto Pondok Pesantren
1.      Visi Pesantren
o   Semata-mata untuk Ibadah kepada Allah SWT dan mengharap ridho-Nya (tercermin dalam sikap tawadhu, tunduk dan patuh kepada Allah SWT).
o   Mengimplementasikan fungsi Khalifah Allah di muka bumi tercermin dalam sikap proaktif, inovatif dan kreatif.
2.      Misi Pesantren
o   Mempersiapkan individu-individu yang unggul dan berkwalitas menuju terbentuknya Khairul Ummah (ummat terbaik) yang dikeluarkan untuk manusia.
o   Mempersiapkan kader-kader ulama dan pemimpin ummat (Mundrizul Qoum) yang muttafaqih fid dien yang berakhlak mulia untuk mampu untuk melaksanakan : dakwah ilal Khair, 'amar ma'ruf nahi munkar dan indzarul qoum.
3.      Moto Kepesantrenan
Moto pondok pesantren Al-Hidayah Basmol adalah mengacu kepada 4 H, yaitu Head, Heart, Hand dan Health.
                         a.      Head : mendidik santri dengan tauhid dan ilmu pengetahuan agar menjadi manusia yang bukan hanya pandai, tetapi sekaligus juga menjadi muslim yang kaffah. Dengan upaya ini diharapkan para santri biasa memiliki wawasan yang luas, tanguh, cerdas dan teliti dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.
                        b.      Heart :  mendidik santri dengan iman dan akhlak al-karimah, sehingga ia akan memiliki ketangguhan dan keberanian untuk membela kebenaran.
                         c.      Hand :  mendidik santri dengan seni dan olah jiwa dan raga, sehingga santri akan menjadi orang yang mencintai keindahan, dapat menghayati nilai-nilai estetik serta memiliki ketahamnan fisik yang prima 
                    d. Health :  mendidik santri dengan membiaskan hiodup bersih dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar